Senin, 01 April 2013

Pensiunnya si " Mesin Gol"


Penyerang senior dan mantan kapten tim nasional Indonesia, Bambang Pamungkas, memutuskan untuk mundur dari Tim Garuda. Keputusan ini diambil oleh Bepe satu hari jelang laga timnas kontra Arab Saudi, 23 Maret 2013, lalu.

Bambang menjelaskan bahwa pengunduran dirinya sebenarnya sudah dipikirkan sejak membela Timnas pada ajang Piala AFF 2012 di Malaysia, akhir tahun lalu.

"Bagi mereka yang memperhatikan penampilan saya di perhelatan Piala AFF 2012, maka sejatinya ada hal yang tidak biasa tersaji di sana. Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan untuk menggunakan nama “PAMUNGKAS”, dari pada “BAMBANG” seperti yang biasa saya kenakan di jersey tim nasional saya," tulis Bambang pada kolom di situs Sportsatu.

"Maka begitu pula dengan perjalanan karier saya bersama tim nasional. Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama tim nasional Indonesia," lanjutnya.

"Hal tersebut juga telah saya sampaikan kepada staf Badan Tim Nasional Indonesia. Oleh karena itu, ketika nama saya kembali masuk dalam daftar pemain untuk Kualifikasi Piala Asia 2015, saya menolak untuk hadir," tambah pemain dengan caps terbanyak untuk timnas itu.

"Melalui tulisan ini, maka secara resmi saya menyatakan mundur dari tim nasional Indonesia," imbuh Bambang menegaskan.

Berarti sudah 13 tahun Bepe membela timnas sepanjang karirnya. 31 gol berhasil ia sumbangkan selama 83 kali membela nama Indonesia. Selama karirnya tersebut, Bambang selalu mendapatkan sorak-sorai dari pendukung timnas.

Oleh karena itu, pemain 32 tahun tersebut tidak lupa mengucapkan terimakasih untuk para suporter yang tidak kenal lelah selalu berdiri di belakang panji-panji tim nasional Indonesia.

"Terutama untuk mereka yang selalu bernyanyi, menari dan berteriak menyemangati dalam setiap perjuangan saya bersama tim nasional Indonesia. Tidak lupa permohonan maaf saya yang sebesar-besarnya. Karena selama karier saya bersama tim nasional Indonesia, tidak sekalipun saya mampu memberikan kebahagiaan untuk kalian semua," tambah Bambang.

Memang tidak ada prestasi besar yang sukses disumbangkan Bepe. Prestasi terbaiknya hanya mengantarkan Indonesia empat kali jadi runner-up Piala AFF. Meski begitu, Bambang tidak ragu mengatakan dirinya sebagai "generasi yang gagal".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar